Kali ini saya akan berbagi informasi seputaran berbagai Indikator yang ada
di dashboard mobil. Dashboard mobil bisa dikatakan sebagai ruang kokpit-nya
mobil, dimana semua informasi tentang keadaan mobil di informasikan melalui
indikator yang ada di dashboard ini, sebelumnya saya sampaikan karna setiap
mobil memiliki fitur yang berbeda sehingga indikator yang ada di dashboard pun
sedikit berbeda dengan adanya tambahan indikator sesuai dengan fitur yang
dimiliki masing –masing mobil, dan sebaian mobil keluaran terbaru banyak yang
menggunakan indikator berupa layar digital sehingga tampilan indikator tertera
didalam layar digital, tapi logo dari indikator tetap sama. berikut saya sampaikan sesuai dengan yang saya
ketahui..
Sebaga
dasarnya warna lampu menjadi peran penting dalam indikator, ini maksut dari
warna lampu :
Hijau, warna ini menandakan
bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.
Kuning, warna kuning menandakan bahwa terdapat kondisi yang membutuhkan perhatian dari
pengemudi, baik pengecekan ataupun sekedar peringatan untuk berhati-hati
(waspada). Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk
tetap berkendara.
Merah, Warna ini menandakan
sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal. Jika warna ini
muncul, maka disarankan untuk segera berhenti dan segera mengatasi masalah
tersebut. Warna ini juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.
1. Air Bag alias kantung udara. Pada
umumnya piranti keselamatan ini terdapat pada setir mobil guna melindungi
pengemudi. Seiring dengan perkembangannya air bag juga
tersedia buat penumpang depan & penumpang belakang. Gimana air
bag bekerja ??? balon akan mengembang ketika terjadi
benturan/tabrakan. Sensor2 yang terdapat pada bumper akan mengirim sinyal
kepada ECU untuk meniup kantung udara ketika terjadi benturan.
Biasanya sih benturan pada kecepatan 40 km/h kantong udara akan mengembang
dalam waktu kurang dari 1/2 detik !!! Ketika air bag ini
mengembangkan diwajibkan pengemudi/penumpang dalam keadaan
menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak, bisa menjadi senjata makan
tuan !!! Nah andaikata indikator air bag ini menyala terus
dapat dipastikan ada trouble di sistem kantung udara ato
sensor2nya. Bawa ke bengkel secepatnya.
2. ABS = Antilock Brake System,
merupakan salah satu fitur keamanan yang berguna untuk mencegah rem terkunci
ketika dilakukan pengereman secara mendadak. Gimana caranya untuk
mengetahui rem ABS bekerja atau tidak, ketika mobil dijalankan kemudian di
rem mendadak maka pedal rem akan bergetar. Kenapa bergetar ?, gejala pedal rem
bergetar justru ABS lagi bekerja. Disini ECU bekerja dengan mengurangi
tekanan oli pada rem sehingga roda tidak terkunci dan mobil
dapat dikendalikan dengan aman. Ternyata hal ini masih banyak yang keliru loh,
banyak pengemudi yang buru2 angkat pedal rem ketika pedal bergetar. Kalo
indikator ABS menyala terus berarti ada masalah di sistem pengereman.
Segeralah bawa ke bengkel.
3. OD off atau overdrive off. Fitur ini hanya terdapat pada mobil bertransmisi matik. Overdrive ini terletak
pada tuas matik, biasanya ada tombol / kenop disampingnya. Tombol ini
berguna ketika hendak menyalip kendaraan di depannya misalnya
di jalan tol. Ketika tombol ini dipencet yang ditandai dengan
indikator OD off menyala maka jarum petunjuk RPM akan bergerak naik
sehingga mobil dapat menyalip dengan mudah.
4. High beam atau lampu jauh. Sebaiknya tidak
gunakan lampu ini dijalan kota karna sangat mengganggu pandangan pengendara
yang berlawanan arah dengan anda
5. Pintu mobil, jika indikator ini menyala berarti
ada pintu yang terbuka atau kurang tertutup rapat.
6. Brake alias rem. Jika indikator ini menyala
berarti ada 2 maksud yaitu rem parkir masih bekerja atau minyak rem
dalam tabung kurang. Jika Handbrake sudah dilepas tetapi lampu indikator masih
menyala maka coba segera periksa keadaan rem mobil anda ke bengkel.
7. Aki. Kalau indikator masih
nyala meski mobil sudah distarter berarti ada masalah pada aki atau sistem
pengisiannya. Bawalah mobil ke bengkel.
8. Oli. Mirip dengan indikator
aki. Jika nyala terus meski mobil sudah jalan
berarti oli-nya kurang. Segera isi oli mesin sesuai standar pabrik.
9. Dispenser BBM / Persedian bensin. Pada umumnya jika
tangki bensin tinggal 5 liter, indikator ini nyala. Untuk itu segeralah isi
bensin. Oh ya, hilangkan kebiasaan setiap indikator ini menyala baru ngisi
bensin. Diyakini endapan kotoran pada tangki BBM akan tersedot sehingga lama
kelamaan fuel pump / pompa bensin akan cepat kotor &
jebol.
10. Lampu indikator untuk
sistem pendingin mobil menyala, artinya Anda
harus segera mengisi air di radiator. Tapi jangan segera membuka radiator saat
masih panas! Kalau tetap dilakukan Anda bisa tersemprot air panas yang keluar
dari radiator. Selalu gunakan air pendingin dari bengkel mobil atau pakai air
murni.
11. Air radiator / Cairan pendingin,
hal paling penitng sebelum menyalakan mobil adalah perhatikan jarum ini,
pastikan posisi jarum berada di tengah atau didalam titik dua yang ada ditengah
garis petunjuk, jika posisi jarum berada dibawah berarti cairan pendingin ini
masih berada disuhu dingin yang menandakan mobil belum siap untuk dinyalakan. Jika
jarum berada diatas berarti cairan pendingin berada disuhu yang panas yang
tentunya berbahaya untuk mesin mobil.
12. Sama
dengan dispenser bbm, akan tetapi ini memiliki jarum dan garis yang bekerja
sama menunujukan perkiran jumlah bahan bakar yang tersedia, dan bisa menjadi
alat ukur untuk mengisi BBM sebelum jumlah bbm ditangki berada pada level
rendah yang dapat merusak sitem kerja mesin dan pompa bensin karna endapan akan
mudah tersedot kedalam.
13. Odometer adalah alat pengukur jarak tempuh mulai dari mobil itu pertama kali digunakan,
apabila odometer dalam satuan KM/H, maka angka odometer yang ditunjukkan berupa
jarak dalam satuan KM. Selain itu biasa ada juga mobil yang meletakan Tripmeternya disini.
Tripmeter sama seperti odometer, yaitu alat pengukur jarak perjalanan, tetapi
pada tripmeter, dapat di-reset (dinolkan kembali posisinya), sehingga tripmeter
dapat dipergunakan untuk mengukur jarak dari suatu tempat ke tempat yang lain.
Bahkan, mobil yang dilengkapi dengan tripmeter, biasanya mempunyai 2 buah
tripmeter, yaitu trip A dan Trip B. Untuk mengatur posisi tripmeter pada posisi
nol, terdapat knob yang biasanya ada pada speedometer. Jika ditekan dan ditahan
knob tersebut, maka tripmeter akan kembali pada posisi nol, apabila kita
memencetnya tetapi tidak menahannya, tripmeter akan berubah dari Trip A ke Trip
B dan sebaliknya. Ada cara untuk mengetahui konsumsi bahan bakar mobil dengan
menggunakan tripmeter ini. Isi bahan bakar mobil sampai posisi full (full
tank), kemudian atur posisi tripmeter pada posisi nol. Kemudian setelah mobil
kita pergunakan menempuh perjalanan, isi kembali dengan bahan bakar sampai pada
posisi penuh lagi. Kemudian kita lihat angka yang tertera pada tripmeter.
Konsumsi bahan bakar mobil adalah: angka yang tercatat pada tripmeter dibagi
dengan liter bahan bakar yang kita isikan pada tangki.
14. Lampu Sein,
ya gak usah saya jelaskan lagi ya. Tetapi ketika anda menyalakan lampu Darurat
maka kedua bilah panah sein akan menyala bersama mendakan lampu darurat dalam
keadaan nyala, jika tidak diperlukan segera matikan karna lampu ini tidak
seperti lampu sein yang dapat otomatis mati sendiri sesuai dengan putaran
setir.
15. Speedometer adalah alat pengukur kecepatan,
yang biasanya ditunjukkan berupa jarum dan satuan KM/H.
16. RPM atau Tachometer itu singkatan dari Rotary Per Minute, jadi putaran mesin yang terjadi
selama satu menit. Fungsi indikator RPM tersebut adalah mengetahui saat yang
tepat untuk pindah gigi. Jika tidak ada indikator RPM, seringkali kita hanya
dapat mengandalkan feeling kapan harus pindah gigi, padahal seringkali di mobil
modern yang suara mesinnya udah termasuk senyap, kadang susah jika hanya
mengandalkan feeling, tau-tau putaran mesin udah meraung, hasilnya
inefisiensi.
Jika ada indikator yang
tidak saya sampaikan harap dimengerti, karna sudah saya sampaikan bahwa setiap
mobil tidak memiliki fitur yang sama sehingga indikatorny pun pasti ada
perbedaan. Tidak semua mobil pernah saya kendarai. Terimakasih .
salam mas bro. sy mw tanya gimana kalo jarum pada indikatormampere selalu diatas garis pertama ??? mksh
ReplyDelete